KZ ZSN Pro X — Review

Ilyas Sabdayagra
4 min readJan 6, 2021

--

Bahasa Indonesia — Ulasan Pengalaman Pengguna

Diambil dari marketplace Amazon.com

Earphone merupakan salah satu perangkat yang tidak akan pernah lepas dalam mendampingi manusia ketika beraktivitas, baik aktivitas yang formal seperti saat bekerja, mengikuti pembelajaran, maupun aktivitas informal seperti kebutuhan manusia akan hiburan, contohnya seperti mendengarkan musik atau radio, menonton film serta berbagai hiburan lainnya.

Perkembangan earphone semakin hari semakin beragam dan canggih. Hal ini dibuktikan dengan beberapa produk earphone yang sudah menerapkan konsep wireless. Konsep tersebut memungkinkan pengguna untuk tidak perlu memikirkan mengenai kondisi kabel, kabel yang terikat berantakan dan masalah lainnya. Namun, saya sendiri sebagai pengguna earphone masih lebih memilih untuk menggunakan earphone model konvensional. Pilihan saya jatuh pada sebuah produk milik Knowledge Zenith dengan seri ZSN PRO X. Alasan saya mencoba untuk membeli produk ini adalah karena ulasan dari berbagai reviewer di youtube memberikan respon yang baik dari segi kualitas, serta ditambah harga yang masih sesuai dengan budget saya di kisaran 200–300 ribuan.

Berikut adalah spesifikasi yang dimiliki oleh earphone KZ ZSN PRO X :

Nama Produk : KZ ZSN PRO X In Earphone
Brand : KZ
Model : ZSN PRO X
Tipe Earphone : In-ear
Sensitivitas Earphone : 112dB/mW
Jarak Frekuensi : 7–40000 Hz
Konektor : Jack 3.5mm
Microphone : Yes

Produk yang dibeli.

Awalnya saya agak aneh dan seperti asing melihat desain dan bentuk fisik dari ZSN Pro X ini, karena sebelumnya saya selalu menggunakan earphone yang bentuk fisiknya konvensional, namun di sisi lain hal di atas menyebabkan rasa penasaran saya semakin bertambah untuk segera mencoba earphone ini.

Dari segi kemasan, boks yang dihadirkan cukup minimalis, terdapat gambar dari earphone pada bagian depan dan di bagian belakang memuat tentang spesifikasi secara detil dari earphone ini. Pada bagian dalam kemasan, terdapat beberapa komponen selain produk earphone ZSN PRO X dan kabel jack 3.5mm ini yaitu :

  1. Buku Manual penggunaan produk
  2. Kartu Garansi
  3. 3 pasang ear-tips cadangan berbagai ukuran (Small — Medium — Large).

Pengalaman pemakaian awalnya saya kira tidak akan nyaman, karena desainnya yang asing. Namun setelah dicoba ternyata terasa nyaman di kuping saya, bahkan tidak menimbulkan rasa sakit ketika dikenakan, karena dari beberapa pengalaman sebelumnya, ada produk earphone yang ketika dikenakan membuat kuping saya terasa sakit karena bentuk fisiknya, padahal kualitasnya suaranya bagus. Pada bagian kabel jack 3.5mm, kabel tersebut dapat dilepas dan disambung ke bagian utama earphone ketika sudah tidak dipakai, namun saya sendiri cukup malas untuk melepasnya kalau sudah selesai pemakaian hehe. Bentuk dari kabel dibuat seperti model kepangan rambut yang membuat kabel terasa solid.

Dari sisi warna, saya memilih warna hitam, karena cocok untuk karakter saya. Warna hitam yang digunakan cukup bagus karena ada aksen glossy atau mengkilap dan cukup awet tidak ada warna yang terkelupas karena pemakaian intens lebih dari 2 bulan sejak pembelian.

Untuk kualitas suara saya sangat puas sekali untuk di harga 200–300 ribuan ini. Hal tersebut didukung dengan pengalaman saya yang belum pernah membeli earphone dengan kisaran harga di atas, yang kemudian membuat saya kaget karena belum pernah mendengar kualitas suara seperti ini sebelumnya. Pada sisi bass, kualitas yang dihasilkan cukup tight, tidak terlalu berlebihan (punchy) dan tidak kurang juga. Untuk treble, hasilnya adalah cukup balance, tidak terlalu harsh. Pembagian hasil suara antara vokal dan instrumen sangat bagus ketika mendengarkan musik. Suara instrumen sangat jelas dan tidak saling mengacau antara dua hal tadi (vokal dan instrumen), sama sama mendapat porsi yang pas.

Kualitas microphone pada earphone ini biasa saja. Tidak ada yang spesial, noise cancelling yang dimiliki tidak sebagus microphone konvensional pada umumnya. Karena menurut saya, yang utama dijual dari produk ini adalah Earphone dan kualitasnya, microphone hanya sebagai additional saja.

KESIMPULAN

Earphone ini cukup worth untuk dibeli dengan kualitas suara yang dihasilkan sangat memuaskan serta desain yang unik, terutama untuk para pengguna yang belum pernah mencoba earphone dengan harga kisaran 200–300 ribuan, dijamin kalian akan kaget ketika menggunakan earphone ini. Earphone ini cocok untuk digunakan sehari — hari, terutama untuk mendengarkan musik, dan film. Kelebihan untuk earphone ini adalah disisi kualitas suara yang sangat pas dan seimbang di berbagai elemen dalam penyajian suara. Untuk kekurangan dari earphone ini yaitu adalah kabelnya yang agak susah diatur jika dalam posisi yang berantakan / terikat. Layanan aftersales juga didukung karena pihak dari KZ telah membuka Service Center di Indonesia, dan kartu garansinya sudah berformat dalam bahasa indonesia, yang nantinya jika terjadi kerusakan, hanya tinggal klaim, kepada pihak service center selama masa garansi masih berlaku.

Disclaimer : ulasan ini ditulis berdasarkan pendapat pribadi mengenai penggunaan produk ini

--

--